Home / Olahraga M88 / Daftar Semua Top Skorer di Seluruh Gelaran Euro

Daftar Semua Top Skorer di Seluruh Gelaran Euro

Kejuaraan Sepakbola Eropa atau yang dikenal sebagai m88 Euro merupakan sebuah kompetisi sepakbola antar negara yang berada dalam naungan UEFA. Dihelat setiap empat tahun sekali sejak tahun 1960, turnamen ini menjadi gelaran akbar kedua setelah World Cup.

Untuk kali ini Euro 2016 akan dihelat di Prancis pada musim panas, setelah sebelumnya dilakukan sejumlah pertandingan kualifikasi. Seperti kompetisi-kompetisi lainnya, m88 Euro tentu saja melahirkan para pemain yang mampu menjadi top skorer, bahkan sejak pertama kali kompetisi ini digelar.

Berikut adalah daftar top skorer di seluruh gelaran Euro.

14. 2012 – Alan Dzagoev, Cristiano Ronaldo, Fernando Torres, Mario Balotelli, Mario Gomez, dan Mario Mandzukic

​Digelar di Polandia dan Ukraina pada tahun 2012, turnamen ini berhasil melahirkan sebanyak enam pemain yang layak merebut sepatu emas dengan masing-masing melesakkan tiga gol. Namun di antara semuanya, m88 sepertinya hanya Fernando Torres saja yang bisa tersenyum lebar setelah berhasil menyumbangkan satu gol dalam kemenangan empat gol tanpa balas atas Italia pada babak final.

13. 2008 – David Villa

Spain's David Villa (front) figths for t

​Selain berhasil merebut gelar sebagai top skorer pada akhir kompetisi dengan empat golnya, David Villa juga berhasil mengantarkan Spanyol menjadi juara m88 dalam Euro 2008 yang dilaksanakan di Austria dan Swiss. Dalam babak final, Spanyol sukses menghempaskan perlawanan Jerman dengan kemenangan tipis 1-0.

12. 2004 – Milan Baroš

​Untuk pertama kalinya Euro 2004 digelar di Portugal, setelah mereka berhasil memenangkan persaingan sebagai tuan rumah dengan Spanyol dan Ukraina. Namun bukannya m88  berjaya di kandang sendiri, Portugal justru menelan sebuah kekalahan memalukan atas Yunani pada babak final dengan skor 0-1.

Dalam kompetisi ini, Milan Baros dari Republik Ceko berhasil menyandang gelar sebagai top skorer dengan torehan lima golnya.

11. 2000 – Patrick Kluivert dan Savo Milošević

​Untuk pertama kalinya Euro dilaksanakan di dua negara, m88 yakni Belgia dan Belanda pada tahun 2000. Namun keduanya tidak ada yang berhasil tampil dengan sempurna di sepanjang kompetisi, hingga akhirnya melahirkan Prancis sebagai sang juara.

Selain digelar dalam dua negara, turnamen kali ini juga melahirkan dua top skorer, yakni Patrick Kluivert serta Savo Milosevic dengan masing-masing mengemas lima gol.

10. 1996 – Alan Shearer

​Legenda Inggris dan Newcastle United ini pernah tampil m88 dengan sangat mengesankan dalam Euro 1996 yang dilaksanakan di Inggris. Meski tak mampu mengantarkan tim tuan rumah berjaya dalam kompetisi tersebut karena Jerman yang berhasil menjadi juara, namun Shearer berhak merebut sepatu emas setelah menjadi top skorer dengan lima golnya.

9. 1992 – Dennis Bergkamp, Tomas Brolin, Henrik Larsen, dan Karl-Heinz Riedle

​Pada Euro 1992 yang dilaksanakan di Belgia, terdapat empat orang pemain yang layak menyandang status sebagai top skorer dan merebut sepatu emas karena sama-sama m88 mengemas tiga gol. Dari keempat pemain tersebut, hanya Henrik Larsen yang bisa tersenyum bahagia karena torehannya mampu mengantarkan Denmark menjuarai turnamen dengan mengalahkan Jerman di babak final.

8. 1988 – Marco van Basten

FUSSBALL: EM 1988

​Legenda Belanda, Marco van Basten berhasil dinobatkan sebagai sang top skorer dalam Euro 1988 yang digelar di Jerman. Secara total, ia berhasil menyumbangkan lima m88 gol di sepanjang kompetisi. Selain itu, Van Basten juga berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara setelah mengalahkan Uni Soviet 2-0 pada babak final.

7. 1984 – Michel Platini

​Michel Platini sukses mengantarkan Timnas Prancis berjaya di kandangnya sendiri ketika menjadi tim tuan rumah dalam Euro 1984. Selain berhasil menyumbangkan m88 satu gol pada babak final ketika mengalahkan Spanyol dua gol tanpa balas, Platini juga mampu menjadi top skorer dengan perolehan total sembilan gol.

6. 1980 – Klaus Allofs

​Klaus Allofs berhasil merebut sepatu emas dalam turnamen Euro 1980 yang dilaksanakan di Italia, dengan torehan sebanyak tiga golnya. Bahkan prestasinya tersebut terasa m88 semakin manis karena ia mampu mengantarkan Timnas Jerman, atau lebih tepatnya Jerman Barat, menjadi juara di akhir kompetisi setelah mengalahkan Belgia di babak final.

5. 1976 – Dieter Muller

​Legenda Jerman, Dieter Muller berhasil menyabet gelar sebagai top skorer dalam Euro 1976 yang dilaksanakan di Yugoslavia. Ia berhasil memastikan statusnya tersebut m88 dengan mengemas empat gol di sepanjang kompetisi. Namun ia tak berhasil membawa Jerman mempertahankan gelar juaranya, setelah kalah atas Czechoslovakia dalam drama adu penalti dengan skor 3-5.

4. 1972 – Gerd Muller

Euro 1972 dilaksanakan di Belgia selaku tim tuan rumah, dan berhasil melahirkan Jerman sebagai sang juara usai memetik kemenangan tiga gol tanpa balas atas Uni Soviet m88 pada babak final. Di akhir kompetisi, sang legenda Jerman Gerd Muller berhasil dinobatkan menjadi top skorer setelah mengemas empat gol. ​

3. 1968 – Dragan Džajić

Pada tahun 1968, kompetisi ini telah berubah nama menjadi Euro 1968 dan digelar di Italia yang pada akhirnya berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Yugoslavia m88 dua gol tanpa balas. Pada tahun tersebut Dragan Dzajic berhasil menyabet Golden Boot setelah memastikan diri menjadi top skorer dengan dua gol yang diciptakannya.

2. 1964 – Ferenc Bene, Dezso Novak, Jesús María Pereda

Dengan mengemas masing-masing dua gol saja, membuat Ferenc Bene, Dezco Novak serta Jesus Maria Pereda berhasil menjadi top skorer dalam turnamen European m88 Nations’ Cup 1964. Secara total terdapat sebanyak 13 gol yang berhasil diciptakan oleh 13 pemain, dengan tidak ada satu gol pun yang tercipta dari skema bunuh diri.

1. 1960 – Valentin Ivanov, Viktor Ponedelnik, Milan Galić, Dražan Jerković, dan Francois Heutte

Gelaran perdana pada tahun 1960 masih menggunakan nama European Nations’ Cup, dan ajang kali ini berhasil melahirkan sebuah hal yang sangat unik. Betapa tidak, m88 top skorer yang biasanya hanya satu pemain saja, justru berhasil melahirkan lima pemain yang layak untuk menyandang gelar top skorer.

Bahkan gol yang mereka ciptakan juga​ hanya masing-masing dua gol saja. Hanya Milan Galic yang mampu mencatatkan torehan spesial dengan mencetak gol tercepat  m88 dalam waktu 11 menit ketika memperkuat Yugoslavia melawan Prancis.