Home / Olahraga M88 / Klopp Jelaskan Filosofi “Heavy Metal Football” Liverpool

Klopp Jelaskan Filosofi “Heavy Metal Football” Liverpool

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, terkenal sebagai pencipta gagasan filosofi bermain sepak bola yang disebut gegenpressing atau counter pressing. Cara bermain sepak bola yang menekan lawan hingga memaksa mereka melakukan kesalahan, merebut penguasaan bola dan menjadi serangan balik.

FBL-EUR-C3-LIVERPOOL-PRESSER

Cara itu sudah ia terapkan selama tujuh tahun masa kepelatihannya pada kurun waktu 2008-2015 di Borussia Dortmund, dan kini pria Jerman berusia 48 tahun menerapkannya kepada Liverpool. Setelah m88 menggantikan Brendan Rodgers pada Oktober 2015, para pemain Liverpool mulai paham filosofi bermain Klopp.

Reds pun tengah berada di momentum bagus saat ini, dan mencapai semifinal Europa League untuk berhadapan dengan Villarreal. Filosofi gegenpressing itu sudah dikenal banyak orang, namun Klopp menegaskan bahwa filosofi itu sedianya berlandaskan penguasaan bola.
Sederhananya Klopp ingin tim yang diasuhnya menang, namun dengan cara yang menghibur penonton. Ia juga menyebut filosofi bermainnya dengan sebutan heavy metal football.

“Saya ingin tim saya untuk menang – itu saja. Saya ingin laga kami mudah untuk disaksikan, karena saya pikir satu-satunya alasan untuk sepak bola, adalah untuk menghibur penonton. Jika mereka datang dua kali dan berkata bosan, maka mereka akan berpikir lagi untuk datang atau tidak,” tutur Klopp di ​Liverpool Echo, Kamis (28/4).

“Kami tim dengan penguasaan bola, tapi tidak ada satupun yang menyadarinya karena gambaran saya mengenai pressing dan counter pressing. Ketika saya muda, saya menyebut hal itu seperti ‘heavy metal football’. Saya m88 tidak tahu lagi mengapa saya mengatakannya seperti itu,” paparnya.
“Tapi saya suka melakukan hal yang spektakuler. Ketika saya berada di ruangan bersama orang-orang, saya mencoba atmosfir tidak lebih buruk ketika saya di sana. Ketika saya terlibat dalam pertandingan, saya mencoba untuk membantu memastikan laga lebih bisa dinikmati ketimbang saya tak terlibat di dalamnya,” pungkas Klopp.