Home / Olahraga M88 / Rating Pemain Manchester United Saat Melawan Liverpool – Europa League

Rating Pemain Manchester United Saat Melawan Liverpool – Europa League

Leg Kedua 16 Besar Europa League
Manchester United vs Liverpool
Old Trafford

56eb30b8cd1c420604000001

Manchester United gagal membalikkan keadaan dan melaju ke perempat final Europa League, setelah bermain imbang 1-1 dengan Liverpool di leg kedua 16 besar yang berlangsung di Old Trafford. Red Devils tersingkir karena kalah agregat gol 1-3, dari Reds yang menang 2-0 di leg pertama yang berlangsung di Anfield, Jumat (18/3) dini hari WIB.

Dua gol laga North West Derby yang tercipta di Teater Impian, diciptakan oleh gol penalti Anthony Martial dan gol aksi individu Philippe Coutinho, di kubu tim tamu. Hasil ini juga mengubur impian United meraih satu dari dua trofi yang berpotensi diraih musim ini.

Kekalahan ini juga menyulitkan United untuk bermain di Champions League musim depan via jalur Europa League, karena posisi sulit di Premier League.

Dari total 14 pemain yang dimainkan manajer United, Louis van Gaal, di laga ini. Tak semuanya bermain baik. Ada beberapa pemain yang bekerja keras menghibur suporter United dengan usaha meraih kemenangan, namun ada juga pemain yang kerap melakukan kesalahan mendasar dan menyulitkan tim membangun serangan.

Siapa saja pemain-pemain itu? Berikut rating menyeluruh pemain United yang tampil melawan skuat Jurgen Klopp.
Penjaga Gawang

David de Gea (8/10): Tak pernah ada fans United yang meragukan penampilannya. De Gea merupakan pemain idola fans karena selalu tampil total, dan di laga ini melakukan banyak penyelamatan dari upaya Phillipe Coutinho dan Divock Origi. Fokusnya terus terjaga hingga laga berakhir.
Pertahanan

Guillermo Varela (4/10): Van Gaal tak punya pilihan lain, dengan memasukkan Antonio Valencia di awal babak kedua menggantikan Varela. Bek muda Uruguay kerap melakukan kesalahan mendasar, memberikan penguasaan bola kepada Liverpool, dan ‘dengan mudah’ membiarkan Coutinho lewat untuk mencetak gol ke gawang United.

Chris Smalling (7/10): Tak kenal lelah menjaga zonanya dan menyulitkan tiap pemain Liverpool yang coba melewatinya. Daniel Sturridge, Divock Origi, hingga Christian Benteke tak berkutik melewati Smalling.

Daley Blind (7/10): Di beberapa kesempatan tampak kewalahan saat berhadapan satu lawan satu dengan pemain Liverpool. Namun Blind menebusnya dengan penampilan yang solid di babak kedua.

Marcos Rojo (7/10): Taktis menjaga zonanya dengan baik dan juga kerap membantu serangan United dengan umpang silangnya. Namun Rojo tak bisa bermain penuh, karena cedera dan diganti dengan Matteo Darmian di menit 62.
Pemain Tengah

Marouane Fellaini (8/10): United gagal melaju dan imbang dengan Liverpool, namun Fellaini bisa dikatakan memainkan laga terbaiknya. Menahan bola baik, ikut andil membangun serangan United, membantu pertahanan, dan hanya kurang mengonversi peluang yang dimilikinya menjadi gol.

Michael Carrick (7/10): Melakukan satu kesalahan hingga bola direbut pemain Liverpool. Tapi secara keseluruhan Carrick mengomandoi serangan United dari tengah lapangan, mengatur tempo bermain, dan mengalirkan bola dengan baik.

Anthony Martial (8/10): Selalu mencari celah di pertahanan Liverpool dan jadi ancaman via kecepatannya dengan Marcus Rashford. Martial sempat membumbungkan harapan United, namun sayang golnya tidak berarti banyak karena United urung membalikkan agregat gol. Ia juga seharusnya bisa mengonversi beberapa peluang menjadi gol, dan hanya menyia-nyiakannya dengan sepakan yang melambung.

Juan Mata (6/10): Kreativitas dan visi bermainnya tidak terlihat, dalam upaya menembus pertahanan kokoh Liverpool. Bola yang diberikannya juga relatif aman, Mata lebih memberi andil saat membantu pertahanan timnya.

Jesse Lingard (7/10): Lingard menunjukkan kelincahannya saat melakukan tusukan-tusukan berbahaya dari lini kedua, dan juga mengancam bersama Martial dan Rashford. Namun semua itu hanya berupa ancaman semata, karena ia juga terburu-buru dalam penyelesaian akhir hingga peluang terbuang percuma.
Pemain Depan

Marcus Rashford (8/10): Sisi positif dari laga ini, pesan bahwa masa depan United cerah. Rashford (18 tahun) konstan mengancam pertahanan Liverpool bersama Martial, rajin bergerak di lini depan. Namun fakta bahwa ia minim pengalaman bermain, terlihat nyata kala menentukan untuk mengoper bola, mendribel, atau menembaknya langsung.
Pemain Pengganti:

Antonio Valencia (6/10): Penampilan pertamanya setelah sembuh dari cedera cukup positif. Valencia bermain baik menggantikan Varela, dan terlihat tidak seperti pemain yang baru sembuh cedera.

Matteo Darmian (6/10): Menggantikan Rojo yang cedera. Darmian memperlihatkan tambahan tenaga dan semangat ekstra, dalam upaya membangkitkan semangat agar pemai United mencetak gol tambahan.

Bastian Schweinsteiger (6/10): Tak salah memang jika Van Gaal meragukan kebugarannya. Pasalnya Schweinsteiger terlihat kesulitan meladeni kecepatan para pemain Liverpool, dan justru menekel Adam Lallana yang berbuah kartu kuning.