Home / Olahraga M88 / Spesial Hari Kartini: 7 Pesepakbola Wanita yang Menjadi Pahlawan bagi Negaranya

Spesial Hari Kartini: 7 Pesepakbola Wanita yang Menjadi Pahlawan bagi Negaranya

R.A. Kartini adalah tokoh pahlawan Indonesia yang memperjuangkan hak kaum wanita. Atas perjuangannya itu, Presiden Indonesia saat itu, Soekarno, menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini m88 sesuai dengan tanggal kelahirannya.

57185711ac095b0e2d000001

Sepakbola yang identik dengan olahraga maskulin yang banyak digemari oleh para lelaki,
juga dimainkan oleh kaum hawa dari tahun 1920an dan akhirnya Piala Dunia Wanita pertama kali diadakan pada tahun 1991.

Mari kita simak para pemain sepak bola wanita yang menjadi pahlawan negaranya masing-masing dengan prestasinya di lapangan hijau.

7. Nadine Angerer

​Nadine Marejke Angerer adalah eks penjaga gawang asal Jerman, m88 yang pernah bermain untuk Bayern Munchen, Tubine Potsdam, dan FFC Frankfurt di Frauen-Bundesliga.

Semenjak melakukan debutnya bersama Timnas Jerman di Agustus 1996, Angerer sudah bermain sebanyak 146 kali dengan menjuarai piala dunia pada tahun 2003 dan 2007.

Namanya masuk dalam susunan FIFA World Player of the Year untuk memenangkan penghargaan sebelum Angerer mengumumkan pensiunnya pada 13 Mei 2015.

6. Lotta Schelin

​Charlotta Eva” Lotta” Schelin adalah pemain asal Swedia kelahiran 27 Februari 1984, yang saat ini bermain untuk Olympique Lyon di Division 1 Femine. Pemain yang berposisi sebagai striker ini melakukan debutnya di Timnas Swedia pada tahun 2004.

Schelin adalah pemain kunci di Algarve Cup tahun 2006, berhasil membawa Swedia di tempat ketiga dengan gol semata wayang ke gawang Prancis, menyumbangkan medali perunggu.

Atas jasanya itu, Schelin dianugerahkan Diamond Ball sebagai pemain bola wanita terbaik di negaranya. Gol Schelin ke 73 bagi timnas Swedia saat partai persahabatan melawan Jerman, berhasil memecahkan rekor m88 gol yang sebelumnya dipegang oleh Hanna Ljunberg.

5. Homare Sawa

​Kapten Timnas Jepang Homare Sawa berhasil membawa negaranya memenangkan kompetisi FIFA Women’s World Cup 2011. Sawa memulai debutnya di L.League saat dirinya berusia 12 tahun dan saat ini bermain untuk INAC Kobe Leonessa di Nadeshiko League Divisi 1. Sebelumnya, ia pernah bermain di Atlanta Beat, NTV Beleza, dan Washington Freedom of Women’s Professional Soccer (WPS).

Sawa melakukan debutnya bersama timnas Jepang saat dirinya berusia 15 tahun pada 6 Desember 1993. Dia telah bermain sebanyak 201 kali dengan mencetak 81 gol termasuk hattrick Jepang melawan Meksiko di kualifikasi grup.

4. Sydney Leroux

​Sydney Leroux adalah salah satu striker terbaik di dunia sepakbola wanita. Dia memulai kariernya saat bermain untuk tim Kanada U19. Ia kemudian memilih untuk bermain bagi Timnas Amerika Serikat pada tahun 2012 dan menjuarai Olimpiade 2012 di London dan Piala Dunia Wanita pada tahun 2015.

Pemain kelahiran 7 Mei 1990 ini saat ini membela FC Kansas City, di mana sebelumnya Sydney pernah membela Vancouver Whitecaps, Seattle Sounders Women, Boston Breakers, m88 Seattle Reign FC, dan Western New York Flash.

3. Alex Morgan

​Alex Patricia Morgan adalah pemain kelahiran 2 Juli 1989 yang membela Timnas Amerika Serikat dan beberapa klub di negeri paman sam itu. Di usianya yang ke-22, Alex adalah pemain termuda di timnas pada kompetisi Piala Dunia Tahun 2011 dan mencetak gol kemenangan di menit ke-123 pada laga semifinal melawan Kanada.

Dia mencatat rekor 28 gol dan 21 assist pada tahun 2012 bergabung dengan Mia Hamm, yang merupakan satu-satunya pemain Amerika Serikat yang mencetak 20 gol dan 20 assist di tahun yang sama.

Torehan 20 golnya membuat Alex menjadi pemain keenam dan termuda di Amerika Serikat yang berhasil mencetak 20 gol dalam satu tahun. Atas perolehannya itu, ia dinobatkan Atlet Wanita Amerika Serikat terbaik dan finalis Pemain Terbaik Dunia versi FIFA.

2. Marta

​Marta Viera da Silva yang lebih dikenal dengan nama Marta, adalah pesepakbola asal Brazil yang bermain untuk FC Rosengard di liga Swedia dan penyerang untuk timnas Brazil. Marta memegang rekor terbanyak 15 gol melewati m88 perolehan yang sebelumnya dipegang oleh Birgit Prinz.

Marta dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia lima kali berturut-turut dari tahun 2006-2010.
Bakat mudanya ditemukan oleh pelatih Brazil, Helena Pacheco saat dirinya berusia 14 tahun.
Klub-klub yang dibelanya antara lain Los Angeles Sol, Santos FC, Gold Pride, Western New York Flash, dan Tyreso FF.

1. Carli Lloyd

​Carli Lloyd adalah pemain sepakbola Timnas Amerika Serikat dan Houston Dash. Peraih medali emas ini mencetak gol kemenangan di dua final Olimpiade 2008 dan 2012.
Ia juga berhasil meraih medali perunggu pada m88 Piala Dunia 2007 dan perak pada Piala Dunia 2011.

Lloyd mencetak hattrick di piala dunia tahun 2015 dan menjadi satu-satunya pemain Amerika Serikat yang mencetak hattrick di final Piala Dunia. Dia mencetak tiga gol dalam 16 menit dan membawa Amerika Serikat menang 5-2 atas Jepang.

Lloyd menerima trofi sebagai pemain terbaik dalam turnamen dan Silver Boot dengan enam gol dan satu assist selama turnamen. Dia juga memenangkan pemain wanita terbaik dunia tahun 2015 versi FIFA.