Home / Olahraga M88 / West Ham 3-2 Man United: Pesta Terakhir West Ham di Upton Park, United Gagal Geser City

West Ham 3-2 Man United: Pesta Terakhir West Ham di Upton Park, United Gagal Geser City

Manchester United diberi kesempatan menentukan sendiri nasib mereka untuk menggeser posisi Manchester City yang ada di peringkat empat, atau zona Champions League. Namun saat melakoni laga tunda pekan 35 Premier League, The Red Devils terpaksa mengakui keunggulan West Ham United dengan skor 2-3.

The Hammers pun mempersembahkan akhir yang indah di Upton Park, m88 stadion yang menjadi kebanggaan mereka selama 112 tahun terakhir. Pasalnya musim depan Mark Noble dan kawan-kawan akan menempati Olympic Stadium.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Di laga yang menentukan ini, kedua manajer masing-masing tim menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Di kubu tuan rumah, Slaven Bilic, langsung menurunkan dua penyerang di lini depan pada diri Andy Carroll dan Diafra Sakho.

Mereka akan ditopang oleh Dimitri Payet, Mark Noble, Cheikhou Kouyate, dan Manuel Lanzini dalam formasi klasik 4-4-2. Tidak ada kiper andalan West Ham, Adrian di bawah mistar gawang akibat cedera, dan posisinya digantikan oleh Darren Randolph.

Sementara di kubu tim tamu. Louis van Gaal kembali menurunkan Daley Blind, Morgan Schneiderlin, Marcus Rashford, dan Anthony Martial yang sebelumnya diragukan tampil akibat cedera. Kapten tim, Wayne Rooney, juga kembali diturunkan sebagai gelandang serang dalam formasi 4-1-4-1.

Tim tuan rumah yang termotivasi memberikan persembahan terakhir di Upton Park, langsung tancap gas menekan pertahanan United. Hasilnya gol langsung tercipta saat laga belum genap 10 menit.

Di meni sembilan Aaron Cresswell menyodorkan bola kepada Manuel Lanzini, yang bergerak dari lini kedua dan mengoper bola ke dalam kotak penalti United. Di sana Sakho menyambutnya, bola sempat terdefleksi Blind m88 sebelum merobek gawang David de Gea. West Ham unggul 1-0.

United tak mampu keluar dari tekanan pemain West Ham yang nyaris membukukan gol keduanya di menit 19. Carroll onside dan tanpa kawalan pemain United, tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea. Namun kali ini kiper asal Spanyol mampu menyelamatkan gawang United dari kebobolan.

West Ham United v Manchester United - Premier League

Tekanan yang diberikan pemain West Ham mulai mengendur setelah 20 menit berlalu, dan United juga menjalankan filosofi bermain yang biasa dimainkan musim ini bersama Van Gaal. Perlahan membangun serangan dan menguasai penguasaan bola.

30 menit berlangsung dan United sama sekali belum menguji kiper West Ham, Randolph. Lebih parahnya lagi, para pemain United juga kerap melakukan kesalahan di area berbahaya hingga penguasaan bola direbut pemain West Ham.

Hal itu sempat terjadi kala bola direbut dari penguasaan Martial, menjadi serangan balik dan berbuah peluang dari Payet. Namun pemain terbaik West Ham musim ini menendang bola m88 melebar ke kiri atas gawang United.

United menguasai penguasaan bola namun West Ham juga berbahaya tiap kali melancarkan serangan. United tak mampu membongkar pertahanan solid West Ham yang digalang Winston Reid dan Angelo Ogbonna, hanya mengoper-ngoper bola di depan kotak penalti tim tuan rumah.

Hingga satu menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta dan West Ham unggul 1-0 di babak pertama ini.

Babak Kedua

Van Gaal langsung memasukkan Michael Carrick di awal babak kedua untuk menggantikan Schneiderlin, guna memenangi perebutan bola di lini tengah dan mengatur tempo permainan United.

Fans United yang berada di Upton Park bergemuruh kencang pada menit 50 saat Martial mencetak gol penyama kedudukan. Berawal dari bola panjang De Gea, bola dikontrol Rashford yang menyodorkannya kepada Juan Mata, dan kembali mengirimnya ke dalam kotak penalti.

Bola melewati Ogbonna dan Randolph, kemudian disambar oleh striker muda Timnas Prancis. 1-1 tim tamu menyamakan kedudukan.

Masuknya Carrick membuat lini tengah United lebih hidup dalam mengalirkan bola ke depan, penetrasi langsung ke dalam kotak penalti West Ham juga lebih berani dilakukan United dibanding babak pertama. Skor namun masih sama kuat 1-1 hingga 66 menit berlalu.

Dari skema serangan balik United akhirnya mampu berbalik unggul di menit 72. Martial kembali mencetak gol melalui skill individunya saat menerima bola dari Rashford. Martial melewati Reid, menggiring bola dan mencetak gol dengan kaki kirinya. Skor kini menjadi 2-1 untuk United.

Laga kembali berjalan terbuka setelah Michail Antonio ikut mencatatkan namanya di m88 papan skor pada menit 76. Dari situasi bola mati, Payet mengarahkan bola kepada Antonio yang onside dan menanduk bola ke gawang De Gea. Skor menjadi 2-2.

Empat menit setelahnya West Ham berbalik unggul. Kembali dari situasi bola mati Payet mengirim bola yan berbahaya ke dalam kotak penalti, dan disambar oleh Reid. Bola sempat ditepis De gea, namun karena datang dengan kencang, bola tetap masuk ke dalam United. 3-2 West kembali unggul.

Setelah gol tersebut, Van Gaal memasukkan pergantian pemain yang ofensif memasukkan Jesse Lingard dan Adnan Januzaj, menggantikan Ander Herrera dan Antonio Valencia.

Sementara di kubu tuan rumah, Bilic coba mengamankan keunggulan dengan memasukkan dua pemain yang baik dalam bertahan. Mereka adalah Pedro Obiang dan James Tomkins, yang masuk menggantikan Lanzini dan Sakho.

Empat menit tambahan waktu diberikan ofisial pertandingan di penghujung babak kedua, dan para pemain West Ham mati-matian mempertahankan keunggulan tersebut. West Ham akhiri laga terakhir di Upton Park dengan indah, dan menang 3-2 dari United.

Susunan Pemain:

West Ham United: Darren Randolph; Aaron Cresswell, Angelo Ogbonna, Winston Reid, Michail Antonio; Dimitri Payet (Enner Valencia 90’), Mark Noble, Cheikhou Kouyate, m88 Manuel Lanzini (Pedro Obiang 83’); Andy Carroll, Diafra Sakho (James Tomkins 84’)

Manchester United: David de Gea; Antonio Valencia (Adnan Januzaj 86’), Chris Smalling, Daley Blind, Marcos Rojo; Morgan Schneiderlin (Michael Carrick 82’), Juan Mata, Ander Herrera (Jesse Lingard 82’), Wayne Rooney, Anthony Martial; Marcus Rashford